Game Internet

Dampak COVID-19: Ledakan yang Belum Pernah Ada Sebelumnya dalam Industri Game

Dalam beberapa tahun terakhir, Industri Game telah menunjukkan pertumbuhan positif di seluruh dunia dengan pendapatan tahun lalu melebihi $ 150 miliar.

Dengan pandemi yang melanda dunia pada kuartal pertama tahun 2020, sebagian besar industri terpukul parah – baik itu Perhotelan, Perjalanan, FMCG, dll.

Namun, hampir semua orang yang beralih ke game dalam waktu ekstra yang mereka miliki selama penguncian global telah membantu industri Game untuk melonjak bahkan di ‘masa-masa sulit’.

Faktanya, game online seperti Animal Crossing, Skribble, dll telah membantu teman dan keluarga untuk tetap bersama sementara mereka semua tetap berpisah.

Tidak hanya itu adalah hobi yang hebat tetapi game online telah sepenuhnya mengubah cara orang bersosialisasi akhir-akhir ini. Aplikasi seperti Houseparty menawarkan panggilan video dan game terintegrasi untuk membawanya ke level selanjutnya. Ini memberi Anda kesempatan untuk melakukan panggilan video dengan hingga 7 teman dan memainkan game menarik secara bersamaan.

Statistik Booming
Semua perusahaan game besar telah menyatakan bahwa mereka telah melihat lonjakan statistik mereka sejak penguncian global mulai berlangsung di berbagai belahan dunia mulai Februari 2020.

Salah satu platform game online terbesar, Steam, mengumumkan telah memecahkan rekor jumlah pemain simultan terbanyak di platform. Itu terjadi setelah tanggal 15 Maret ketika 20,3 juta pemain online di platform secara bersamaan.

Tidak hanya game interaktif seperti Fortnite, COD, Minecraft, dll yang mengalami peningkatan pengguna. Bahkan game idle sederhana seperti Click test, Cookie Clickers, dll telah mengalami lonjakan yang signifikan.

Laporan terbaru yang dirilis oleh Pokkt menyebutkan ada lonjakan 39% jumlah unduhan game seluler di bulan Maret 2020. Juga dilaporkan bahwa hampir 4 juta unduhan game seluler terjadi pada bulan Maret sedangkan angka 2,9 juta pada Februari 2019 .

Xbox Live milik Microsoft juga melaporkan bahwa ia melewati 90 juta pengguna aktif bulanan di bulan April 2020. Layanan Xbox Game Pass juga berhasil mencapai 10 juta pelanggan di bulan yang sama.

Hanya akibat dari penguncian ini, penjualan video game AS telah mencapai level tertinggi satu dekade pada Maret 2020.

Peningkatan Kesempatan Kerja
Untuk memenuhi permintaan yang meningkat, studio game juga mulai membuka lowongan kerja untuk mencari bakat baru.

Di AS sendiri, ada lebih dari 8000+ lowongan terkait game yang diposting di Indeed, platform pencarian kerja utama. Tidak hanya dunia barat, negara-negara Asia seperti India juga memiliki lebih dari 23000 pekerjaan menurut Xpheno, sebuah perusahaan spesialis kepegawaian.

Selain pekerjaan penuh waktu, pandemi ini juga telah menciptakan lapangan bermain yang setara bagi pengembang game Indie karena penonton sekarang lebih terbuka untuk mencoba game baru. Jika Anda memiliki ide game di benak Anda, maka tidak akan ada yang lebih baik untuk mengembangkan dan merilis game Anda!

Akankah tren ini Berlanjut atau Memudar?
Banyak ahli percaya bahwa ledakan ini akan terus berlanjut tetapi tidak dengan kecepatan seperti ini. Faktanya adalah, karena penguncian dibebaskan dan akhirnya dicabut sepenuhnya, orang-orang kembali ke rutinitas normal mereka. Ini berarti sesi permainan yang lebih sedikit, keterlibatan yang lebih rendah, dan pada akhirnya pendapatan yang lebih rendah.

Tetapi, tidak dapat disangkal bahwa sejumlah orang yang mulai bermain game hanya selama periode COVID-19 telah mengembangkan kebiasaan game ini (berkat kecanduan game modern).

Pengguna ini lebih cenderung untuk terus memainkan game-game ini dan berubah menjadi pelanggan tetap. Dan itulah alasan perusahaan game melakukan semua yang mereka bisa untuk mempertahankan lonjakan ini.

Beberapa studio telah merilis versi baru dari game populer untuk memanfaatkan tren ini dan itu termasuk biggies seperti Electronic Arts dan Nintendo juga.

EA merilis Call of Duty: Warzone yang mengumpulkan 60 juta pemain sejak diluncurkan pada Maret 2020. Nintendo juga merilis Animal Crossing: New Horizons di bulan yang sama dan terjual lebih dari 13,5 juta kopi hingga April 2020.

Pertumbuhan industri juga akan membuka peluang baru bagi generasi muda yang terkena dampak PHK global.

Dengan segala upaya dari para pemangku kepentingan industri, semoga kita akan melihat semakin banyak game menarik di masa mendatang.

Dalam masa-masa sulit ketika ratusan dan ribuan orang kehilangan nyawa dan pekerjaan mereka karena COVID-19, masih ada lapisan perak di industri game.